INFORMASI :

Selamat datang di Web Desa Soka Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen

KEGIATAN SMD (SURVEY MAWAS DIRI) dan MMD (MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA) TAHUN 2023

KEGIATAN SMD (SURVEY MAWAS DIRI) dan MMD (MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA) TAHUN 2023

            Pada hari selasa 04 Juli 2023, pemerintah desa Soka melakukan rapat koordinasi bersama petugas kesehatan poncowarno yang di wakili oleh bapak Surip dan Ibu Sofi, dan juga Ibu Bidan Darmastuti selaku team kesehatan di desa Soka, dan di hadiri oleh segenap perangkat desa, tokoh masyarakat dan Ibu-Ibu kader desa soka

           Acara ini langsung di pimpin oleh bapak Kades Soka Fathul Mubin pada jam 09 :00 Wib. Acara kali ini yaitu tentang mawas diri yang disampaikan oleh Ibu Sofi dari puskesmas poncowarno yang berkaitan dengan penyakit hipertensi, perlu adanya sosialisai kepada seluruh masyarakat di desa Soka. Perlu adanya sosialisasi masalah KB pada Ibu-Ibu, serta menjaga dari kebersihan lingkungan dengan mengadakan wadah sampah di tiap-tiap rumah warga, sosialisasi tentang bahayanya merokok di tempa-tempat umum apalagi di dekat balita.

          Kegiatan SMD (Survey Mawas Diri) dan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa), merupakan suatu upaya yang dilakukan bersama yang melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat, dan menggali potensi-potensi yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan tersebut.

SMD ini berkaitan dengan permasalahan permasalahan seperti :

1.    Penderita HT (Hipertensi)

Sosialisasi HT di tingkatkan di kegiatan kegiatan social seperti yasinan, tahlilan, koordinasi dengan pemdes bagi penyakit HT yang belum memiliki KIS

2.    KB

Sosialisasi kepada seluruh masyarakat desa Soka,

3.    Sampah

Sosialisasi kepada seluruh masyarakat desa Soka, dan dianjurkan memiliki tempat sampah di tiap rumah warga

4.    Rokok

Pembatasan merokok ditempati umum seperti di dekat ibu-ibu hamil/balita, pembuatan perdes bisa menghubungi bidan desa

5.    Kematian balita

Pendamping untuk bumil / resti

6.    Stunting

Sosialisasi tentang kebersihan lingkungan, pemberian anggaran desa

7.    Bumil / resti

Pemberian susu pada kegiatan bumil / resti

          Acara selanjutnya yaitu tukar pendapat sekaligus pemecahan masalah yang dilakukan oleh semua peserta yang hadir, yang di pimpin oleh ibu Sofi.

          Acara yang terakhir yaitu penggantian ketua FKD yang sebelumnya di pimpin oleh beliau Bapak Kutubi yang juga menjabat sebagai Sekdes, karena jadwal terlalu padat akhirnya di ganti dengan beliau Bapak Amin Miftahudin, beliau juga baru saja dilantik sebagai Kadus untuk wilayah Kedungjati.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter