Profil Umum

Profil Umum

       Soka adalah desa di kecamatan Poncowarno, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Soka juga dikenal dengan sebutan Desa Sokareni. Desa Soka terkenal akan makanan khasnya yaitu opak atau cantor yakni sejenis kerupuk yang terbuat dari ubi-ubian. Posisi Desa Soka berbatasan dengan :

 Sebelah Utara            : Desa Tlogowulung Kecamatan Alian

Sebelah Timur             : Desa Tirtomoyo Kecamatan Poncowarno

Sebelah Selatan          : Desa Bojongsari dan Desa Lerep Kecamatan Alian

Sebelah Barat              : Desa Surotrunan dan Desa Seliling Kecamata Alian

        Luas Wilayah Desa Soka 265 Ha, lahan desa sebagian besar tanah kering 91 Ha, tanah kebun 35 Ha, dan tanah sawah sebesar 138 Ha, yang terdiri Letak geografis Desa Soka berada di sebelah timur laut Kabupaten Kebumen. Wilayah Desa Soka adalah lereng perbukitan dengan ketinggian 40-300 meter di atas permukaan air laut (Mdpl) tepatnya dilereng sebelah barat daya Bukit Silender dengan kontur bergelombang. Desa Soka menjadi hulu sejumlah sungai kecil atau bahasa setempat dikenal dengan kalen yaitu Sungai kletak.

Pembagian Wilayah :

1.     Dukuh Gunung Krajan

2.     Dukuh Kedungjati

3.     Dukuh Gunungpuyu

4.     Dukuh Kayuares

       Penduduk Desa Soka sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani, selain itu ada sebagian yang menjadi PNS dan pegawai honorer serta pekerja wiraswasta. Penduduk Desa soka masih kolot sehingga masih kental akan tradisi dan budayanya yang diwariskan secara turun temurun seperti tradisi sedekah bumi, 4 bulanan, 7 bulanan, bersih, sesaji dll. Penduduk Desa Soka mayoritas beragama Islam.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Soka,_Poncowarno,_Kebumen